Alasan Kenapa Play Store Tidak Bisa digunakan untuk Download Aplikasi

Ingin download aplikasi di Google Play Store, tapi gagal terus? Simak alasan kenapa Play Store tidak bisa digunakan untuk download berikut ini.

Kenapa Play Store Tidak Bisa digunakan untuk Download Aplikasi?
Play Store atau Google Play Store merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh Google untuk memudahkan penggunanya dalam mengunduh aplikasi. Mengutip dari buku Kupas Tuntas Aplikasi Terbaik dan Populer Google Play karya Wahana Komputer (2012: 2) diketahui bahwa Google Play merupakan portal terpadu baik untuk aplikasi maupun konten lain seperti musik, film, dan sejenisnya.
Pengguna Android biasa menggunakan Google Play Store menjadi tempat untuk mengunduh aplikasi, tapi kenapa Play Store tidak bisa digunakan? Berikut alasan yang dapat dipahami.

1. Password Akun Google diganti

Salah satu penyebab Play Store tidak dapat digunakan adalah password akun Google yang sudah diganti. Biasanya, akun Google yang tidak terkoneksi dengan nomor HP membutuhkan sign in ulang untuk dapat menggunakannya kembali.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah hapus email di ponsel Anda, kemudian sign in ulang. Demikian, akun Google atau Gmail Anda akan terhubung kembali. Jadi, Anda pun bisa menggunakan Google Play Store untuk mengunduh aplikasi yang sedang dibutuhkan.

2. Waktu dan Tanggal Tidak Sesuai

Yups! Selain akun Google yang tidak sinkron akibat ganti password, waktu dan tanggal ponsel juga dapat menyebabkan Play Store tidak berfungsi, lho! Untuk itu Anda dapat membuka pengaturan waktu dan tanggal pada ponsel dan sesuaikan “Time Zone”.

Setelah itu, bersihkan task manager pada ponsel. Fitur-fitur Google seperti Chrome, G-Drive, serta Google Play Store pun sudah bisa Anda gunakan kembali. Mudah bukan?

3. Memori Ponsel Penuh

Penyebab ketiga adalah faktor yang paling sering terjadi, yakni memori ponsel penuh sehingga ponsel tidak lagi memiliki ruang untuk menyimpan serta menginstal aplikasi. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menghapus aplikasi serta data yang sudah tidak terpakai sebelum mengunduh aplikasi.

Itulah alasan kenapa Play Store tidak dapat digunakan untuk download aplikasi di ponsel Android. Sekian pembahasan seputar Google Play Store kali ini. Yuk, ikuti Berita Terkini untuk mendapatkan pembahasan informatif lainnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.