Aplikasi Polisiku: Upaya Peningkatan Pelayanan Kepada Masyarakat

Pelayanan publik menjadi penting karena selalu dikaitkan dengan kepentingan masyarakat umum. Pelayanan publik juga menjadi tolak ukur keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan yang baik. Sebagai lembaga negara, Polri memiliki fungsi penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta melayani masyarakat.

Di era perkembangan dan perubahan berbasis digital yang biasa disebut dengan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0, masyarakat ditantang untuk berinovasi agar dapat bertahan dan beradaptasi serta beradaptasi di era disrupsi digester. Menurut Prasetyo dan Sutopo, Revolusi Industri 4.0 menggabungkan teknologi digital dan internet dengan industri konvensional. Tujuannya adalah untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan layanan secara signifikan.

Revolusi Industri 4.0 tidak dapat dihindari, sehingga inovasi berbasis digital menjadi salah satu syarat untuk menghadapi transformasi digital. Aplikasi Policeku merupakan salah satu contoh inovasi pelayanan publik berbasis digital yang bertujuan untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat luas.
Aplikasi polisi saya: inovasi berbasis digital dalam pelayanan publik
Inovasi digital kemudian juga menemukan jalannya ke lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Polisi ingin institusinya berkembang, terutama dalam peran dan tugasnya sebagai petugas.

Mulai tahun 2017, Polri meluncurkan aplikasi bernama My Police yang bisa kita dapatkan secara gratis di Google Play Store dan App Store.

Aplikasi Polisi Saya dibuat untuk memudahkan masyarakat yang membutuhkan bantuan dari kepolisian. Salah satu layanan dalam aplikasi adalah kita dapat mencari tempat-tempat seperti SPBU, UGD, pemadam kebakaran dan kantor polisi terdekat. Aplikasi Policeku ini juga dapat membantu pengurusan SIM dan SKCK serta pelaporan tindak pidana. Pelayanan administrasi dilakukan dengan mengisi persyaratan seperti KTP, foto, video, dll.

Pro dan kontra dari aplikasi polisi saya

Aplikasi Poliku merupakan inovasi cerdas untuk mengikuti dan beradaptasi dengan era teknologi ini. Manfaat yang teridentifikasi dalam aplikasi Policeku ini adalah tersedianya fitur layanan masyarakat online yang mempermudah akses masyarakat terhadap layanan publik khususnya di bidang kepolisian. Namun secara statistik berdasarkan pantauan di Google Play Store, masih banyak masyarakat yang mengeluhkan tentang Policeku ini. Keluhan yang dimaksud antara lain tidak berfungsinya beberapa fitur layanan aplikasi Policeku, aplikasi tidak berfungsi di beberapa perangkat dan error lainnya. Aplikasi polisi menerima peringkat 3,6 dari total 4.000 ulasan di Google Play Store.

Aplikasi Policeku merupakan terobosan baik yang dikeluarkan oleh Polri dan diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat. Aplikasi kepolisian disini dimaksudkan sebagai solusi bagi Polri untuk dapat mengoptimalkan pelayanannya kepada masyarakat. Dengan layanan berbasis digital ini, Polri bisa mengurangi potensi pungutan liar. Aplikasi ini juga dapat menjadi solusi permasalahan administrasi dan prosedural. Namun, perlu juga diperhatikan bahwa aplikasi ini harus berfungsi secara optimal. Berbagai keluhan dari efektivitas & digunakan sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki berbagai masalah dalam sistem aplikasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.