Apple Bakal Izinkan Pengguna Pasang Toko Aplikasi Pihak Ketiga di iPhone!

Apple dikabarkan berencana mengizinkan pengguna memasang toko aplikasi pihak ketiga di perangkat iOS. Informasi ini diketahui dari laporan terbaru Bloomberg beberapa waktu lalu.

Dikutip dari The Verge, Senin (19/12/2022), rencana ini didorong setelah adanya aturan Digital Markets Act dari Uni Eropa. Dalam aturan tersebut, Uni Eropa memberlakukan regulasi agar penyedia layanan digital memastikan pasar lebih terbuka.

Seperti diketahui, Apple sangat ketat mengatur agar pengguna iPhone maupun iPad hanya bisa mengunduh aplikasi dari App Store. Namun, adanya regulasi ini disebut bisa mengubah kondisi tersebut.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Tidak hanya memasang toko aplikasi pihak ketiga, regulasi ini juga memungkinkan pengguna melakukan sideloading. Yang berarti, pengguna dapat memasang aplikasi yang diunduh melalui situs web.

Aturan ini jelas bertentangan dengan kebijakan yang diterapkan Apple mengenai sideloading. Perusahaan yang berbasis di Cupertino itu memang dikenal sangat melarang aksi sideloading, bahkan menyebutnya sebagai ‘sahabat terbaik penjahat dunia maya’.

Terkait adanya aturan ini, Apple belum memberikan tanggapan resmi. Hanya dari sejumlah laporan, Apple kemungkinan besar tidak akan sepenuhnya memenuhi seluruh regulasi dan melepaskan kontrol terhadap ekosistemnya di iPhone maupun iPad.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Perusahaan dilaporkan tengah mempertimbangkan persyaratan keamanan tertentu sebagai bagian dari upaya verifikasi aplikasi yang berasal dari luar ekosistem Apple. Cara ini pun disebut akan dikenakan biaya.

Sebagai informasi, meski regulasi ini sudah diperkenalkan, penerapannya masih akan membutuhkan waktu. Berdasarkan keterangan resmi Uni Eropa, pihaknya memberikan waktu hingga 6 Maret 2022 agar perusahaan bisa mematuhi regulasi ini.

Sebelumnya, Apple juga disebut bakal mematuhi aturan Uni Eropa mengenai penggunaan port USB Type-C pada perangkat. Awal bulan ini, parlemen Eropa telah menerbitkan ‘Common Charge’ yang mengatur seluruh perangkat seluler memakai USB-C dalam Official Journal mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *