Berapa Lama Pengembalian Dana Shopee ke Rekening? Ini Penjelasannya

Saat berbelanja online di Shopee, terkadang ada masalah yang sering terjadi dan membutuhkan refund. Beberapa orang pasti akan bertanya berapa lama waktu yang dibutuhkan Shopee untuk melakukan refund akun.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Dikutip dari laman Help Center Shopee, pengguna Shopee dapat meminta pengembalian dana atau item dari penjual jika terjadi sesuatu pada item yang mereka beli. Untuk mengatasi masalah tersebut, Shopee menyediakan fitur garansi untuk memudahkan penggunanya.

Fitur ini memungkinkan pembeli untuk menyimpan dana dengan penjual selama masa garansi. Dana ini diteruskan ke penjual ketika pesanan telah diterima.

Pembeli masih dapat meminta pengembalian dana selama masa garansi dan tidak memilih opsi “Pesanan yang Diterima” dalam permintaan.

Jadi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengembalikan Shopee ke akun? Anda bisa menemukan jawabannya di artikel berikut.

Berapa lama pengembalian dana Shopee ke akun?

Sebelum Anda mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pengembalian dana Shopee muncul di akun Anda & ANDA memahami bahwa pengembalian dana hanya dapat diberikan dalam kondisi tertentu. Dirangkum dari situs resmi Shopee, berikut lima di antaranya:

Transaksi gagal dari sistem pedagang tetapi berhasil di sisi beli.
Jumlah yang dibayarkan tidak sesuai dengan nominal pembelian.
Ada transaksi ganda, jadi Anda membayar dua kali untuk transaksi yang sama (transaksi ganda).

Beberapa alasan yang dapat digunakan untuk meminta pengembalian dana atau barang antara lain Produk Tidak Diterima, Produk Tidak Lengkap, Produk dalam Kategori Produk Mudah Rusak, dan Produk Utilitas, dan.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Pengembalian dana tersedia jika pesanan dibatalkan oleh penjual dan permintaan uang disetujui karena pesanan tidak diterima atau produk rusak atau tidak sesuai.

Masih dari sumber yang sama, waktu pengembalian dana Shopee ke akun Anda adalah setelah Anda mengembalikan barang yang Anda pesan kepada penjual. Berikut adalah proses pengembalian dana.

1. Pesanan dari mal non-Shopee

Jika barang yang Anda kembalikan SUDAH diterima oleh penjual, tetapi penjual tidak keberatan, Shopee AKAN memproses pengembalian dana Anda.
Untuk produk non-Shopee Mall, refund akan diproses dalam waktu 7 hari kalender sejak diterimanya resi atau maksimal 2 kalender penyerahan status pengiriman (jika Shopee menerima resi).

2. Pesan dari Toko Mall Shopee

Ketika barang yang dikembalikan dana Anda diterima di Gudang Shopee, tim Shopee akan memvalidasi barang Anda dalam waktu 3-5 hari kerja.

Pengembalian dana diproses dalam 7-9 hari kerja. Anda akan menerima pemberitahuan di akun Shopee Anda dan email ketika permintaan pengembalian dana Anda disetujui.

Untuk kasus pengembalian dana, Shopee akan meninjau kasus tersebut dan menghubungi Anda lagi untuk penyelesaian. Total waktu yang dibutuhkan tim Shopee untuk membuat keputusan pengembalian dana adalah 3 hari. Waktu digunakan untuk:

Kumpulkan data pendukung yang diperlukan untuk memperkuat peringkat pembeli/penjual.

Periksa dan hubungi pembeli/penjual.

Melakukan investigasi kepada tim yang tepat sesuai kebutuhan.

Jika Anda ingin menggunakan pengembalian dana Shopee ke rekening bank Anda, Anda harus mendaftarkan nomor rekening pribadi di aplikasi Shopee. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan.

Cara menghubungkan rekening bank di aplikasi Shopee

Dikutip dari halaman help.shopee.com, untuk menghubungkan rekening bank di aplikasi Shopee, ANDA bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

Buka aplikasi Shopee dan masuk ke menu Saya untuk memverifikasi rekening bank Anda.

Setelah mendapatkan nomor rekening bank Shopee Anda, pilih menu Setting di pojok kanan atas.

Pilih rekening bank atau kartu yang sudah aus.

Pilih menu Bank atau Rekening Kartu dan klik Tambah Rekening Bank.

Masukkan informasi rekening bank yang terdiri dari nama, nomor rekening dan jenis bank. Pastikan informasi yang Anda masukkan benar dan klik Berikutnya di bawah.

Konfirmasikan dengan memasukkan 6 digit nomor OTP yang dikirim melalui WhatsApp dan klik Konfirmasi.
Selesai! Rekening bank berhasil ditambahkan.

Setelah nomor rekening bank ditautkan, Anda dapat meminta pengembalian dana Shopee ke akun Anda dan ikuti instruksinya.

Jika Anda membutuhkan bantuan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Layanan Pelanggan Shopee di 1500702 atau menghubungi agen live chat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.