Dengan Aplikasi Ini, Siswa Mau Ujian Bisa Minta Ajari Dosen dan Profesor

Sebuah startup di Yogyakarta telah mengembangkan aplikasi yang dapat menghubungkan mahasiswa dengan mahasiswa dan dosen ketika mengalami kesulitan belajar, terutama menjelang ujian. Aplikasi yang diberi nama Ujiaja.com ini resmi diluncurkan pada Jumat 22 April 2022.

Aplikasi ini bisa menjadi pekerjaan paruh waktu, mulai dari siswa sekolah dasar bahkan mereka yang bergelar profesor sebagai tutor,” ujar CEO Ujiaja.com Zabina Asfahani.

Zabina yang saat ini menjadi mahasiswa semester 4 Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta sedang grogi. Dijelaskannya, platform yang bisa diakses melalui Playstore dan website ini memiliki dua fungsi, yakni tryout dan les privat.

Cara kerjanya sederhana, Zabina percaya. Calon guru dapat mendaftar baik sebagai guru maupun sebagai siswa. “Kemudian siswa dapat memiliki soal-soal tiruan dan les privat dari guru sesuai kebutuhan,” ujarnya.

Menurut Zabina, platform tersebut dapat menjembatani siswa yang ingin memaksimalkan belajar tanpa menghadapi masalah. Tidak seperti kebanyakan platform serupa, guru di Ujiaja.com bisa datang dari mana saja tanpa memandang latar belakang mereka.

Kalau sudah ada seperti itu, gurunya dari yang sudah membuat platform, tapi di platform ini siapa saja bisa mendaftar jadi guru,” ujarnya merujuk pada guru, siswa, guru.

Namun, tambah Zabina, Ujiaja.com memang AKAN memungut biaya guru. Semakin tinggi levelnya, semakin tinggi bayarannya,” katanya. Dari pengelola platform, direktur membayar instruktur berdasarkan level instruktur, berdasarkan jam terbangnya.

Zabina menambahkan, platform ini seperti ojek online. Ketika ojek online mengatur pelanggan untuk menggunakan layanan antar-jemput dan membayar layanan untuk pesanan mereka, siswa atau pengguna layanan di Ujiaja.com membayar guru privat pilihan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published.