Kisah Magangku: Ciptakan Aplikasi untuk Permudah Penyimpanan Barang

Setelah menyelesaikan studi di universitas, para mahasiswa dihadapkan pada dunia kerja yang sebenarnya. Mahasiswa dituntut untuk mengenal dan mempelajari dunia kerja lebih baik, untuk itu memiliki sikap mental dan pengetahuan yang cukup agar mahasiswa dapat bersaing di dunia kerja.

Berdasarkan persyaratan di atas, setiap mahasiswa diberi kesempatan untuk menyelesaikan kuliah praktik profesional. Melalui praktik langsung dalam praktik, mahasiswa diharapkan mampu menerapkan ilmu dan keterampilan yang diperoleh selama perkuliahan. Dengan cara ini, mahasiswa dipersiapkan dan dapat memahami situasi nyata di dunia kerja, yang akan mereka amankan setelah lulus.
Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi, semakin membantu kita dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Hampir semua aktivitas kita tidak lepas dari peran pendukung teknologi informasi.
Akibatnya, kebutuhan akan komputer dan program aplikasinya semakin meningkat dan terus bertambah. Sehingga pemanfaatan teknologi informasi dapat digunakan dimana saja dan kapan saja.

Siner bisa dibayangkan jika kita mengumpulkan data tanpa bantuan sistem komputer dan tentu saja ini memakan waktu yang cukup lama dan sangat mungkin menyebabkan kesalahan pengguna, sedangkan pada sistem fauzierkeb Jenewa standar.

Untuk itu sistem pencatatan dan pengolahan data menjadi sangat penting dalam penerapan standar operasional persediaan di suatu wilayah bisnis. SEHINGGA semuanya tercatat dengan baik dan semuanya bisa dilaporkan ke manajemen lebih cepat dan tepat.
Sistem pencatatan dan pengolahan data adalah seperangkat prosedur sistem operasi yang harus ada dalam setiap kegiatan inventarisasi di bidang usaha, seperti: Misalnya, mengumpulkan data profil lengkap dari petugas, mencatat penerimaan dan pengeluaran barang, dan mencetak laporan.

Teknologi komputer akan menggantikan fungsi pemrosesan data operasional yang memiliki kapasitas besar, sehingga dapat menangani jumlah data yang relatif lebih besar, sehingga memungkinkan pengambilan data lebih efektif dan efisien.
Sistem pencatatan dan pengolahan data yang terkomputerisasi harus mampu memberikan informasi yang lebih cepat, akurat dan akurat sesuai dengan catatan sejarah barang masuk dan keluar.

Sejak saat itu penulis tergerak untuk membantu dalam pembuatan sistem komputerisasi tersebut dan penulis ingin mengangkat permasalahan tersebut untuk dijadikan sebagai topik dalam penyelesaian kerja praktek ini.

Merancang dan sistem komputerisasi untuk mendukung penerapan sistem persediaan untuk pencatatan barang masuk dan keluar serta pencetakan laporan agar lebih transparan dalam segala hal. Pergantian sistem hingga saat ini sangat dibutuhkan karena hampir setiap perusahaan sudah menggunakan sistem komputerisasi untuk mendukung kelancaran bisnisnya sehari-hari.

1. masalah
Sistem inventory untuk penyimpanan dan pengambilan barang serta pencetakan laporan di PT. Authorized Retailer IT TALK belum berjalan optimal karena sistem yang ada saat ini belum terkomputerisasi. Masalah-masalah ini meliputi:

1. Standard Operating Procedures penyimpanan persediaan barang masuk dan keluar serta pencetakan laporan yang tidak terlalu jelas.

2. Mekanisme inventarisasi yang berjalan lambat karena pengumpulan dan pelaporan tidak didukung oleh sistem informasi.

3. Jumlah tumpukan file yang memerlukan penanganan dan penyimpanan khusus.

4. Kelambanan dalam menyerap informasi melalui pengelolaan notifikasi penerimaan barang dan pengeluaran barang, karena pembuatan notifikasi tidak terjadi secara otomatis dengan transaksi.

Dari permasalahan di atas yang ada adalah mencari cara untuk menyelesaikannya. Salah satunya adalah dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu untuk mempermudah sistem yang telah berjalan selama ini.

Diharapkan dengan adanya sistem informasi yang baru ini, semua kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan persediaan barang masuk dan keluar serta pencetakan laporan ke PT. Authorized Retailer IT TALK dapat berjalan dengan baik dan lancar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.