Mengenal Aplikasi SDGS dan Panduannya untuk Mengisi Survei

Aplikasi SDGS dikembangkan oleh Kementerian PDTT atau Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tetangga dan Transmigrasi. Bus sekarang dikatakan belum memaksimalkan penggunaan aplikasi ini.

Meski tidak terkait langsung dengan masing-masing individu, namun penerapan ini berdampak pada tingkat perkembangan suatu desa atau masyarakat pada tingkat mikro.

Menurut website Kementerian Desa, aplikasi SDGS berguna untuk pemutakhiran data IDM (Development Village Index) dalam skala mikro sehingga dapat menyajikan informasi yang lebih detail dan komprehensif.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Dalam implementasinya, aplikasi SDGS berupaya menyempurnakan data di tingkat rukun tetangga (RT), keluarga, dan individu dalam format survei atau kuesioner. Langsung saja simak tutorial cara mengisi survey menggunakan aplikasi SDGS di bawah ini.

Panduan untuk menyelesaikan survei melalui aplikasi SDGS

(Referensi Tegf Permendesa PDTT Nomor 21 Tahun 2020 tentang Kebijakan Umum Pembangunan Desa dan Penguatan Masyarakat Desa Pasal 16 Ayat 3, 4 dan 5 adalah pihak yang terlibat dalam proses pemutakhiran data SDGS), pemerintah kabupaten/kota, pemerintah kota, pemerintah provinsi dan Kementerian Desa PDTT.

Pokja ini bertugas mengisi kuesioner yang dikeluarkan dalam aplikasi SDGS, mewawancarai warga, membatasi prosedur perpanjangan, memantau dan mengikuti pelatihan online melalui Akademidesa.kemendesa.negoh.ne.

Berikut adalah langkah-langkah mengisi survey pada aplikasi SDGS yang disusun oleh website Up Village.

Download aplikasi SDGS melalui Playstore kemudian install sampai berhasil.

Untuk mendapatkan username dan password, kepala desa dapat mengirimkan daftar pokja pendataan desa dalam format MS Excel kepada asisten desa, kemudian secara bertahap ke asisten desa, ke alamat email Bordinate Fundsach/escoordinator [email protected] go.id terkirim.

Setelah mendapatkan nama pengguna dan kata sandi, masukkan dan klik tombol Masuk. Tunggu hingga deskripsi pengguna autentikasi selesai.

Selesaikan survei multi-partai.

Jajak pendapat yang dilakukan oleh aparat desa antara lain:
Kuesioner Situasi Desa, Kuesioner Pemerintah Desa, Kuesioner Musyawarah Desa, Kuesioner Peraturan, Kuesioner APBDes, Kuesioner Barang Milik Desa, Kuesioner Pelayanan, Kuesioner Kerjasama, Kuesioner BUMDes Kelembagaan Masyarakat Desa, Kuesioner Kelembagaan dan lain-lain.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Survey yang dilakukan oleh pengurus RT meliputi:
Kuesioner lokasi, kuesioner manajemen, kuesioner institusi ekonomi, kuesioner industri, kuesioner institusi ekonomi, kuesioner infrastruktur, kuesioner lingkungan, kuesioner bencana, kuesioner pengendalian bencana, lembaga pendidikan.

Survei yang dilakukan oleh Relawan Desa meliputi:
Kuesioner Lokasi dan Permukiman, Kuesioner Akses Pendidikan, Kuesioner Akses Kesehatan, Kuesioner Tenaga Kesehatan, Kuesioner Infrastruktur.

4. Setelah survei selesai, tim workgroup dapat menggunakan menu Hasil Survei untuk memeriksa apakah data yang dimasukkan berhasil atau tidak.

Sebagai catatan, tidak ada larangan bagi siapapun yang ingin menjadi bagian dari kelompok kerja penyelesaian SDGS asalkan disetujui dalam penerimaan Musyawarah Desa. Bahkan, mereka bisa menjadi relawan yang bisa mempercepat penyelesaian survei.

Leave a Reply

Your email address will not be published.