Mengenal Chrome OS, Sistem Operasi yang Digunakan Untuk Laptop ‘Merah Putih’

Belakangan ini perbincangan seputar proyek laptop “Merah Putih” menjadi perbincangan hangat di dunia maya karena harganya yang dinilai tidak masuk akal dengan spesifikasi yang minim.

Selanjutnya, ada yang menarik dari laptop ‘Merah Putih’ yang kabarnya menggunakan sistem operasi berbeda dari biasanya, yakni Chrome OS.

Karena cukup asing di telinga yang terbuka, tidak seperti Windows atau Linux, banyak yang bertanya-tanya tentang sistem operasi Google.

Menurut laporan dari berbagai sumber, Chrome OS adalah sistem operasi yang digunakan untuk aktivitas terhubung internet yang berjalan di Chrome. Misalnya untuk mengakses website, streaming video dan musik, hingga mengedit dokumen secara online.

Kelebihan Chrome OS

kelebihan chrome os

Pada tanggal 7 Juli 2009, Google secara resmi meluncurkan Chrome OS, menyebutnya sebagai proyek perpanjangan dari Google Chrome. Kemudian sistem operasi ini bersifat open source atau terbuka dan merupakan sistem operasi ringan yang awalnya hanya digunakan oleh netbook.

Dalam keterangan terbukanya, Google menyebut Chrome OS memiliki tiga keunggulan, yakni: kecepatan, kesederhanaan, dan keamanan.

Google menciptakan sistem operasi yang cepat dan ringan yang disebut Chrome OS untuk membuat pengguna online dalam waktu yang sangat singkat,” kata Google pada peluncuran Chrome OS.

Menurut statcounter.com, pangsa pasar Chrome OS di perangkat desktop cukup bagus, menempati peringkat ke-5 dunia per Juli 2021. Tepat di belakang Linux dengan performa 1,21%.

Tidak seperti sistem operasi lain
Faktanya, Chrome OS adalah sistem operasi yang dirancang khusus untuk perangkat yang terhubung ke internet dan berjalan di Chrome.

Dengan cara ini, Chrome OS memiliki fungsi yang sangat berbeda dari sistem operasi lain seperti Windows dan macOS.

Selain itu, sistem operasi Google TIDAK HARUS menjalankan file dengan ekstensi .exe yang terkait dengan proses instalasi secara umum.

spesifikasi minimum
Karena Chrome IS digunakan untuk menjalankannya, dapat dikatakan bahwa Chrome OS dapat dipasang dan dijalankan di perangkat apa pun yang mendukung Chrome.

Secara statistik berdasarkan informasi di manual perusahaan, prosesor Intel Pentium 4 adalah spesifikasi minimum untuk menjalankan sistem operasi Google.

Keunggulan Chrome OS

Sebagai sistem operasi Google, salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, tentu saja Chrome OS sedang digarap semaksimal mungkin.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut kelebihan Chrome OS:

1. Kernel Linux

Sistem operasi dari Google yang berbasis kernel Linux ini merupakan sistem operasi yang solid dan terkenal di dunia teknologi.

2. Bebas Malware

Karena didasarkan pada kernel Linux, Chrome OS tidak mungkin mendapatkan malware. Dengan cara ini &sich; Pengguna tidak perlu khawatir perangkat mereka terkena malware yang dapat mengakses & pengguna juga tidak perlu memasang perlindungan antivirus tambahan.

3. Gratis

Dengan sifatnya yang open source atau terbuka, Chrome OS tersedia secara gratis. Namun, instalasi sistem operasinya berbeda dengan sistem operasi lainnya.

4. Tampilan sederhana pada antarmuka

Chrome OS juga memiliki kelebihan yang terletak pada user interface atau antarmuka pengguna. Antarmuka pengguna. Antarmuka pengguna sistem operasi Google ini cukup intuitif dan mirip dengan antarmuka smartphone berbasis Android.

5. Bisa menyematkan aplikasi Android

Karena keduanya dibuat oleh Google, Chrome OS sangat kompatibel dengan aplikasi Android. Bahkan di banyak perangkat berbasis Chrome, Book dan Google Play Store menawarkan.

6. Akun aman dan lebih terawasi

Chrome OS juga memiliki fitur penting yaitu Akun/Pengguna yang Diawasi atau artinya Akun yang Diawasi”. Fitur ini sangat berguna bagi orang tua yang ingin mengawasi anaknya menggunakan perangkat berbasis Chrome OS.

Leave a Reply

Your email address will not be published.