Microsoft Excel Merupakan Program Aplikasi dengan Fungsi Apa?

Microsoft Excel adalah aplikasi yang dikembangkan oleh raksasa teknologi dari Uncle Sam’s Land. Aplikasi ini banyak digunakan dalam bidang administrasi hingga akuntansi. Oleh karena itu, Microsoft Excel merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Sebenarnya Microsoft Excel adalah program aplikasi dengan fungsi apa?

Microsoft Excel adalah program aplikasi dengan fungsi apa?

Dikutip dari buku Good at Microsoft Excel 2016 karya Sarwandi dan Cyber​​​​​​Creative (2017:1), Microsoft Excel atau Microsoft Office adalah program spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation dan berjalan di berbagai platform antara lain Sistem operasi Windows dan Mac, Android, iOS, dan lainnya.

Aplikasi ini memiliki kemampuan kalkulasi dan grafik yang memanfaatkan strategi pemasaran agresif Microsoft, menjadikan Microsoft Excel salah satu program terkemuka yang digunakan saat ini.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Faktanya, program Excel telah menjadi program spreadsheet yang paling banyak digunakan oleh banyak pihak dalam beberapa tahun terakhir baik pada platform PC berbasis Windows maupun platform Mac OS. Aplikasi ini telah menjadi bagian dari sistem Microsoft Office sejak versi 5.0 dirilis pada tahun 1993.

Sejarah Microsoft Excel

Pada tahun 1982 Microsoft mengembangkan program spreadsheet yang disebut Multiplan, yang sangat populer pada sistem CP/M tetapi tidak pada sistem MS-DOS karena sudah memiliki saingan, Lotus 1-2-3.

Hal ini mendorong Microsoft untuk mulai mengembangkan program spreadsheet baru yang disebut Excel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan Doug Klunder, “melakukan segala sesuatu yang dilakukan 1-2-3 dan membuatnya lebih baik lagi.”

Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985, diikuti oleh versi Windows pada November 1987. Lotus adalah pendatang baru dalam program spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun itu Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. . Pada tahun 1988, Excel mulai meningkatkan pangsa pasar spreadsheet sebesar 1-2-3, menjadikan Microsoft sebagai perusahaan paling tepercaya untuk mengembangkan aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi.

Kinerja ini menegaskan Microsoft sebagai pesaing yang sangat kuat untuk 1-2-3, mereka membuatnya lebih baik.

Manfaat Microsoft Excel

Microsoft Excel dapat menyimpan data dalam jumlah besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 lembar
Memiliki format yang populer dan fleksibel
Memiliki program lengkap penggunaan rumus, pengolahan die relief angka, sehingga memudahkan pengguna.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Kekurangan Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah aplikasi berbayar
Memerlukan spesifikasi yang cukup tinggi
Saat Anda membuat kolom baru yang berisi kolom/kategorisasi jawaban pertanyaan & Anda membuat rumus.
Demikian penjelasan mengenai fungsi dari program aplikasi Microsoft Excel yang merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan. Apakah Anda sering menggunakan aplikasi yang satu ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *